Jumat, 30 Maret 2012

St. Perawan Maria

Maria Sebagai Teladan Iman Orang Kristiani
Bulan oktober ditetapkan oleh gereja sebagai bulan Rosario suci. Dimana seluruh komunitas beriman katolik diajak untuk mempersembahkan doa-doa bagi kepentingan universal, melalui perantaraan Maria ratu rosario untuk kepentingan dunia, keselamatan jiwa-jiwa dan keluhuran Allah.
Doa rosario adalah doa manusia bagi manusia. Melalui dao rosario, umat beriman menunjukkan semangat solidaritas bagi sesama dan kolegial orang-orang yang tertebus, yang memantulkan semangat dan maksud tujuan dari orang pertama yang tertebus yaitu Maria, bunda dan citra teladan Gereja. Sebagai doa universal yang sangat sederhana, rosario juga merupakan doa persatuan tubuh kristus bagi orang-orang yang meninggal maupun yang masih hidup sebagaimana sering diucapakan, 'doakanlah kami yang berdosa ini sekarang dan waktu kami mati'.
Maria suci bunda gereja melaui rosari sucinya mengajarkan arti hidup sebagai penziarahan yang memuncak pada Kristus Sang hidup kekal. Butiran manik-manik dan doa salam maria, merupakan lambang penziarahan ke tanah air surgawi, Yerusalem suci. Dalam penziarahan itu, seorang beriman senantiasa dituntut oleh kemurahan hati Maria dan bersama malaikat mengulangi 'salam Maria penuh rahmat Tuhan sertamu'.
Doa rosario adalah doa sederhana. Kalimat yang diulang-ulang menunjukkan kesederhanaan hati Maria dihadapan Allah, dalam mengahadapi luka dalam oleh 'pedang tajam' sebagaimana dinubuatkan baginya oleh nabi Simeon. Semua ramalan itu mencapai kepenuhannya sejak peristiwa paskah di Yerusalem, Yesus menolak Maria di depan umum sebagai ibunya (tentunya pertama-tama bukan hubungan biologis tetapi hubungan eskatologis), hingga menyaksikan 'anak manusia' itu tergantung di kayu salib. Dalam penderitaan batin serta pergumulan iman inilah maria tetap setia dan reflektif serta tidak lepas dari porosnya yaitu Allah. 'Sesunggunhnya aku ini hamba Tuhan jadilah padaku menurut perkataan-Mu'.
Lewat doa rosario dan kalimat salam maria yang diulang-ulang itu, mengandung misteri penebusan, kata-kata malaikat kepada maria, membawa manusia kedalam misteri penebusan sekaligus menemukan jawabannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar